Home / Blog / Biaya Pendidikan

Biaya Pendidikan

Update : 2020-8-10

biaya pendidikan

Biaya Pendaftaran

Adalah biaya yang dibayarkan ketika mendaftar sebagai calon mahasiswa Ma’had Abdurrahman Bin ‘Auf Malang. Jumlah biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,-

Biaya Herregistrasi

Adalah biaya daftar ulang setelah hasil tes penempatan kelas diumumkan bagi calon mahasiswa baru. Biaya Herregistrasi untuk Tahun Akademik 2020/2021 ditetapkan sama dengan Tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp 300.000,-. Biaya ini dibayarkan sekali saat daftar ulang pertama kali.

Sumbangan Penyelenggaraan Program (SPP)

Sehubungan dengan dihentikannya bantuan subsidi penyelenggaraan Program Ma’had oleh Asia Muslim Charity Foundation selaku funding selama ini, maka efektif per Tahun Akademik 2020/2021 (Agustus 2020) seluruh Mahasiswa Ma’had (Baru dan Lama) akan dikenakan kontribusi Sumbangan Penyelenggaraan Program Ma’had Abdurrahman Bin Auf per semester dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Mahasiswa lama yang bergabung sebelum TA 2020/2021, kontribusi SPP ditetapkan berdasarkan kesanggupan dan kemampuan masing-masing sesuai dengan jawaban pada respon kuesioner mahad yang telah dibagikan sebelumnya dengan nominal antara Rp 500.000,- (minimal) sampai dengan Rp 1.500.000,- (maksimal) per semester. Mahasiswa lama yang belum mengisi kuesioner, maka nominal SPP ditetapkan pada batas minimal.
  • Mahasiswa baru yang bergabung pada TA 2020/2021, kontribusi SPP ditetapkan sebesar Rp 1.200.000,- per semester. Namun demikian, sebagai bentuk kepedulian terhadap mahasiswa ma’had dalam situasi Pandemi Covid19 saat ini, Idarah Ma’had memberikan potongan SPP sebesar Rp 400.000,-. Dengan demikian, Kontribusi SPP yang harus dibayarkan Mahasiswa Baru TA 2020/2021 menjadi Rp 800.000,- per semester selama belajar di Ma’had Abdurrahman Bin Auf.
  • Selain itu, untuk meringankan beban Mahasiswa Ma’had dalam situasi Pandemi Covid19, Idarah Ma’had memberikan keringanan pembayaran SPP dengan cara mengangsur sebagai berikut:

50% saat daftar ulang di masa Herregistrasi awal Semester

25% sebelum UTS (sebagai syarat mengikuti UTS)

25% sebelum UAS (sebagai syarat mengikuti UAS)

Dana Pengembangan Pendidikan

Seluruh Mahasiswa Ma’had Abdurrahman Bin ‘Auf (baru dan lama) tetap dibebankan Dana Pengembangan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang yang pada TA 2020/2021 ditetapkan sebesar Rp 75.000,- per bulan selama belajar di Ma’had.

  •  Mahasiswa Lama yang bergabung sebelum TA 2020/2021 yang belum melunasi biaya pendidikan ma’had pada semester sebelumnya, maka tetap berkewajiban membayar tanggungan biaya pendidikan ma’had yang belum dibayar dan juga ketentuan pembiayaan yang baru sesuai nominal yang muncul pada SIAKAD masing-masing.

  • Mahasiswa Lama yang sudah membayar biaya pendidikan pada semester sebelumnya namun belum lunas secara keseluruhan, maka sisa tanggungan biaya pendidikan lama yang belum dibayar akan dihapuskan dan berlaku ketentuan pembiayaan yang baru sesuai nominal yang muncul pada SIAKAD masing-masing
  • Mahasiswa Lama yang telah melunasi seluruh biaya pendidikan mahad, maka dibebaskan dari pembayaran DPP selama 8 bulan dan tetap dibebani biaya SPP Per Semester.
  • Jumlah Nominal pembayaran pada setiap semester terdapat di akun SIAKAD masing-masing mahasiswa yang jumlahnya merujuk pada ketiga poin tersebut. Dengan demikian, nominal biaya yang menjadi kewajiban masing-masing mahasiswa lama berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Biaya Buku Muqarrar

Seluruh Mahasiswa Ma’had berkewajiban memiliki buku muqarrar sesuai level yang bersangkutan berada. Ma’had menyediakan buku muqarrar yang diajarkan pada setiap kelas di Ma’had. Mahasiswa Ma’had yang berminat membeli buku muqarrar dapat melakukan pembelian di awal semester sesuai dengan jadwal pembelian yang telah ditentukan. Buku Muqarrar dapat dibeli secara paket maupun satuan. Harga Buku Muqarrar Ma’had per kelas adalah sebagai berikut (Update harga Per Juni 2020):

Level

Harga (Rp)

Tamhidi (Persiapan)

203.000

Awal

153.000

Tsani

169.000

Tsalits

261.000

Robi'

262.000

Harga Buku dapat berubah sewaktu-waktu.

  • Sebagai bentuk kepedulian terhadap Mahasiswa Ma’had pada situasi Pandemi Covid19 saat ini, Idarah Ma’had memberika Potongan Harga Buku sebesar Rp 50.000,- kepada seluruh Mahasiswa Ma’had (baru dan lama).
  • Khusus kepada mahasiswa lama yang semester lalu naik level dengan predikat mumtaz, Idarah Ma’had memberikan Potongan Harga Buku sebesar Rp 100.000,- kepada 3 besar Imtiyaz setiap Level
  • Selain itu, sebagai bentuk kepedulian pada Situasi Pandemi Covid19, dikarenakan model pembelajaran yang kemungkinan besar masih menggunakan Model Online (Pembelajaran Jarak Jauh), Idarah Ma’had Membebaskan/ Gratis Ongkos Kirim Buku Muqarrar kepada Mahasiswa Ma’had (baru dan lama) yang berdomisili di luar Malang Raya.

Biaya Asrama

Mahasiswa Ma’had yang menghendaki untuk tinggal di Asrama Ma’had diwajibkan membayar kontribusi sewa asrama. Biaya Asrama pada Tahun Akademik 2020/2021 ditetapkan sama seperti Tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp 750.000,- per semester (Rp 1.500.000,- per Tahun). Namun demikian, dalam rangka meringankan beban mahasiswa penghuni asrama di situasi Pandemi Covid19 saat ini, Idarah Ma’had memberikan potongan biaya asrama sebesar Rp 250.000,-. Sehingga Kontribusi biaya asrama yang harus dibayarkan penghuni asrama (baru dan lama) pada Periode Tahun Akademik 2020/2021 menjadi hanya Rp 500.000,- per semester (Rp 1.000.000,- per Tahun).

  • Penghuni Asrama Ma’had yang belum melunasi biaya asrama pada semester sebelumnya tetap berkewajiban membayar biaya asrama sejumlah tanggungan biaya yang belum dibayarkan
  • Biaya Asrama digunakan untuk Sewa Rumah dan Pemeliharaan Bangunan yang digunakan Ma’had untuk Asrama, tidak termasuk Biaya Hidup, Biaya Iuran lingkungan Tiap Bulan dan Biaya Rutin bulanan lainnya.

 Untuk beasiswa dapat dibaca di page Beasiswa



Baca Juga: | Mewaspadai Makar Kaum Kuffar | Hakekat Malu | Membangun Keseriusan
loading kolom komentar, silahkan tunggu...